Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5M dan 3T Untuk Redakan Pandemi Covid-19, Apa Saja?

foto: utrgv.edu

Dear Sobat, bagaimana kabar Sobat sekalian? Semoga dalam kondisi baik, sehat dan semangat ya... Mengingat pandemi Covid-19 belum juga reda hingga saat ini. Bahkan, kasus positif malah melonjak tinggi dan belum ada tanda-tanda turun. Sedih, ya? 

Menurut akun Twitter @KawalCovid19 per tanggal 20 Januari 2021 kemarin, ada kasus baru sebanyak 12.568 kasus. Jakarta masih di posisi pertama dengan 3.786 kasus. Disusul Jabar (1.814 kasus), Jateng (1.775 kasus), Jatim (955 kasus) dan Sulsel (661 kasus). Kita sih, berharap agar pandemi segera reda. Tapi, selama kondisi masih seperti sekarang ini, yuk konsisten dengan 5M dan 3T. 

Lho, apa sih 5M dan 3T itu? Apakah kucuran dana 5 milyar dan 3 trilyun. Yeee, dana dari siapa? 5M dan 3T adalah rumus yang dipercaya bakal menurunkan angka Covid-19 dan itu berarti pandemi akan mereda. Bukan berarti penyakit Covid-19 hilang ya, tapi menurun, dan kalau tidak menjadi wabah yang mengglobal, namanya bukan lagi pandemi.

5M merupakan kepanjangan dari:

1. Memakai masker. Tentu nggak sekadar memakai masker, tetapi memakai masker dengan benar. Yakni menutup hidung, mulut hingga dagu.

2. Mencuci tangan, dan sebaiknya memakai sabun dengan menggunakan air mengalir, setidaknya 15 detik. Sabun bisa merusak virus sehingga virus tak sekadar hanyut, tapi juga tak aktif lagi alias mati.

3. Menjaga jarak, alias social distancing. Setidaknya 1,5 sampai 2 meter ya...

4. Menjauhi kerumunan, gunakan segala cara untuk menghindari segala sesuatu yang sifatnya pertemuan massal, apalagi tidak menggunakan protokol kesehatan.

5. Membatasi mobilisasi, alias jangan bepergian dulu kecuali sangat penting. Di rumah saja lebih baik.

Ini adalah kewajiban yang kudu dilakukan kita, para warga negara yang baik. Ketika kita tertib melakukan 5M, insyaAllah angka penularan akan menurun. Juga imbangi dengan pola hidup yang sehat, makan makanan bergizi, olahraga, istirahat cukup dan mengendalikan stres.

Selain 5M, juga ada gerakan 3T yang merupakan kepanjangan dari:

1. Testing, alias tes. Gold standard masih dengan swab PCR. Semakin banyak tes, tentu kasus akan semakin banyak diketahui, sehingga bisa dilakukan tindakan berikutnya.

2. Tracing, yakni melakukan pelacakan terhadap siapa saja yang melakukan kontak erat terhadap orang yang baru saja mengalami kasus positif.

3. Treatment, alias penanganan. Ini juga sangat penting. Meliputi penyediaan rumah sakit beserta tenaga kesehatan, tempat-tempat isolasi, vaksinasi, dan sebagainya.

3T ini merupakan kewajiban dari pemerintah yang harus dilakukan agar wabah bisa dikendalikan.

Yuk, sukseskan gerakan 5M dan 3T. Jangan lupa juga, berdoa terus, agar Allah SWT mengangkat pandemi ini dari muka bumi.


Posting Komentar untuk "5M dan 3T Untuk Redakan Pandemi Covid-19, Apa Saja?"